Minggu, 12 Agustus 2012

Mencari NUPTK

Tulisan ini saya posting bermula dengan cerita teman saya yang gara-gara masalah NUPTK tidak jadi mengikuti pelatihan. Salah satu syarat untuk mengikuti pelatihan tersebut adalah harus mempunyai NUPTK. Sebenarnya teman saya sudah pernah mengajukan permintaan NUPTK, namun tudak mengetahui NUPTK yang diusulkan sudah terbit apa belum. Setelah saya cek ternyata NUPTK tersebut sudah terbit, tapi sayang peserta pelatihan sudah diganti oleh orang lain. Sebenarnya tidak apa-apa sih toh yang menggaati temannya juga.
Browser Khusus Untuk Mencari NUPTK
Saat ini untuk mengecek NUPTK yang kita usulkan sudah keluar apa belum tidaklah sulit. Yang penting ada koneksi internet dan browser khusus yang kita miliki maka kita dapat mengecek NUPTK kapanpun dan di manapun. Browser khusus tersebut dinamakan NUPTKBROWSER. Aplikasi ini bersifat portable, artinya tidak perlu diinstall, langsung dapat digunakan. Di posting kali ini saya akan menjelaskan cara penggunaan NUPTKBROWSER. Sebelumnya silkan didownload dulu. DOWLOAD NUPTKBROWSER.
Cara Menggunakan NUPTK BROWSER
1. Buka NUPTKBROWSER yang telah kita download, maka muncul tampilan seperti di bawah ini (klik untuk memperbesar gambar)
2. Pilih Sekolah/Madrasah pada Kata Kunci Pencarian. Setalah itu pilih propinsi, kabupaten/Kota dan Kecamatan dan klik cari. Maka muncul daftar nama semua sekolah se kecamatan dari SD hinga SMA/MA/SMK seperti tampilan di bawah ini (Klik untuk memperbesar gambar)
3. Untuk mempersempit pencarian pilih jenjang sekolah, misal SMP, maka yang muncul hanya daftar nama SMP se kecamatan, selanjutnya klik sekolah tempat Anda mengusulkan NUPTK dan klik Daftar PTK. Maka muncul daftar nama semua guru dan pegawai di sekolah yang kita pilih yang sudah mempunyai NUPTK. Perhatikan tampilan berikutu ini! (Klik untuk memperbesar gambar)
4. Nah sekarang cek nama Anda apa sudah muncul.
Selain untuk mencari NUPTK aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mencari Peg ID. Kolom Peg ID ini berada pada kolom ke 9.
Selain menggunakan browser khusus, untuk memperoleh informasi NUPTK, kita juga dapat mengunjungi http://nuptk.kemdikbud.go.id/ dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Kunjungi http://nuptk.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih Penelusuran
  3. Pilih Sekolah (untuk melihat data NUPTK berdasarkan tempat tugas)
  4. Pilih Provinsi, Kota/Kab, Jenis Instansi, dan Jenjang Sekolah. Untuk nama sekolah tidak perlu diisi
  5. Klik tombol Cari
  6. Klik Sekolah Anda
Untuk Download / Print data NUPTK yang tertera di daftar PTK sekolah, klik gambar Print yang ada disudut kanan atas layar
Selamat mencoba