Rabu, 21 September 2011

Pengertian Template

Template Website merupakan salah satu bahan dokumen atau file yang sangat di butuhkan dalam hal pembuatan website. Pada dasarnya, seorang webmaster perlu mengetahui pengertian template website itu sendiri sebelum membangun sebuah website.

Template atau Theme merupakan dokumen atau file yang berisikan model-model tambahan yang akan muncul pada saat proses pembuatan dokumen lain. Sedangkan Website merupakan situs atau halaman di Internet yang menyediakan informasi dan tertanam pada World Wide Web (www).
Dari pengertian 2 kata diatas, Pengertian Template Website itu adalah sebuah desain tampilan halaman  dengan berisikan dokumen file model-model tambahan yang dikodekan dalam bahasa program dan siap pakai.
Template merupakan salah satu identitas anda. Kita tidak dapat memilih Template yang mengikuti taste kita sendiri, apabila web yang anda tujukan untuk visitor dengan kalangan tertentu. Akan tetapi pemilihan template bebas dapat anda lakukan secara sepihak apabila itu tidak diperuntukan untuk moneytise bahkan mungkin dikhususkan untuk anda sendiri.

Berikut beberapa Tips dalam memilih Template untuk website ataupun Blog anda.
Tujuan atau arah website,
Sebelum merancang sebuah web alangkah baiknya anda memikirkan untuk mencari template yang sesuai dengan isi dari tujuan web anda.
Contohnya Anda membuat web tentang pembelajaran tetapi anda memilih template yang berwarna pink dan background dihiasi bunga, hal ini tidak singkron. Dan apabila anda merniat untuk bisnis online atau iklan seperti google adsense maka persiapkanlah template yang tersedia kolom letak untuk menempatkan iklan tersebut.

Pilih Template yang menarik
Carilah template yang di rasa menarik bagi anda maupun pengunjung. Di situs banyak sekali tersedia contoh template yang menarik baik berbayar maupun yang gratis. Luangkan waktu beberapa hari untuk mencari template yang memang yakin bagi anda itu bagus. Jangan sampai di suatu ketika anda menyesal anda menemukan template yang lebih  baik dari yang anda gunakan sekarang yang pada akhirnya memilih untuk mengganti template yang telah anda pasang sebelumnya.

Template yang ringan
Salah satu faktor yang penting lainnya adalah besarnya file template  tersebut. Anda harus memperhatikan berat tidaknya proses loading web anda. Visitor akan enggan berkunjung ke web anda apabila proses loadingnya terlalu lama. Maka hindarilah hal seperti ini. Banyak faktor faktor yang membuat web itu menjadi berat diantaranya:
  • Terlalu banyak gambar ukuran besar
  • Terlalu banyak script atau variasi yang terpasang
  • Ukuran template yang besar
  • Faktor server hosting yang terlalu sibuk atau memang lambat
Dari hal tersebut kita bisa kita bisa memilih template yang bagus dan cepat proses loadingnya. Untuk mengukur kecepatan web beserta komponen yang paling lengkap bisa anda coba di websiteoptimization


SEO Friendly
Jenis template yang friendly terhadap search engine atau tidak. Tetapi anda bisa melihat atau mencari di situs penyedia dengan memakai keyword seo template. Pada umumnya untuk blogspot atau wordpress untuk seo friendly boleh di katakan banyak tersedia baik yang gratis mapun yang berbayar, akan  tetapi untuk cms joomla masih terdapat banyak kendala, hal ini juga di dukung oleh server anda, yang artinya tidak semua server mendukung atau support dengan SEO Friendly.

Untuk mencari template gratis yang siap pakai silahkan mengunjungi situs-situs sbb :

Free Template WordPress

Free Template Blogspot

Premium Template Wordpress (Berbayar)

4 komentar:

pak gimana nich aQ msh lom bisa jg download yg dibuat blog

Wah ini pengertian dasar yang harus dimiliki oleh para webmaster pendatang baru seperti saya ini, terima kasih telah berbagi, salam persahabatan

Pengertian dasar tentang template yang dapat dijadikan bahan rujukan, thanks for sharing

Pengertian template blog yang cukup membuka wawasan dalam berblogging, salam blogger persahabatan

Poskan Komentar